Dunia Aleut!

Catatan Bandung karya Komunitas Aleut!

Bunga Matahari dan Kerabatnya

1 Komentar

Oleh: Arifin Surya Dwipa Irsyam (@poisonipin)

Di kesempatan kali ini saya mau bercerita tentang bunga matahari dan kerabatnya. Apa sih yang menarik dari bunga matahari? Mari kita ulas…

Sebelumnya, tahukah Aleutian bahwa bunga matahari dan kerabatnya seperti bunga dahlia, bunga krisan, dan bunga aster, sebenarnya terdiri dari ratusan bunga yang berukuran sangat kecil? Untuk lebih jelasnya coba amati foto dibawah ini.

Bunga matahari merupakan satu karangan bunga majemuk yang tersusun dari bunga pita dan bunga tabung dalam jumlah banyak, namun terlihat seperti satu bunga tunggal. Karangan bunga ini disebut dengan istilah Pseudoanthium (bunga semu).

Bagian yang dari luar terlihat seperti kelopak bunga sebenarnya adalah kumpulan daun pembalut (involucrum) yang berfungsi untuk melindungi karangan bunga pada saat masih kuncup.

Kemudian yang manakah bunganya? Bunga matahari dan kerabatnya terdiri atas dua macam jenis bunga, bunga pita dan bunga tabung. Bunga pita terletak disekeliling pinggiran dan bersifat mandul, sedangkan bunga tabung terletak dibagian pusat atau tengah dan bersifat fertil. Jumlah bunga tabung dalam satu karangan bunga dapat mencapai hingga ratusan buah.

Dimanakah bagian kelopaknya? Ada yang pernah mencoba meniup dandelion? Nah, bagian rambut (menyerupai parasut) itulah bagian kelopak bunganya. Kelopak bunga pada keluarga bunga matahari disebut pappus. Kelopak ini berukuran sangat kecil, biasanya berbentuk rambut (seperti pada dandelion), berbentuk duri (seperti pada dom-doman), berbentuk selaput (seperti pada bunga matahari), maupun berbentuk kelenjar yang sangat lengket (pada legetan werak). Adanya bagian pappus sangat berperan penting dalam proses pemencaran buah. Buah dengan pappus yang berbentuk rambut akan terpencar dengan bantuan angin, buah dengan pappus duri dan kelenjar lengket akan terpencar melalui hewan karena menempel pada badannya.

Lalu, ada yang hobi makan kuaci bunga matahari? Yang biasa pada bungkusnya tertulis “kuaci biji matahari”.
Sebenarnya istilah penyebutan “biji” bunga matahari kurang tepat. Kenapa? Sebab yang kita sebut “biji” sebenarnya adalah buah dari bunga matahari. Tipe buah pada keluarga bunga matahari adalah tipe buah Achene, suatu tipe buah kering yang tidak memiliki daging buah, sehingga terlihat menyerupai sebuah biji.

Bagaimana dengan bagian dari kuaci yang kita makan? Nah.. itu baru bijinya. Jadi penyebutan satu kuaci utuh dengan kulitnya tidak tepat bila disebut dengan “biji”.

Bagaimana? Apakah bisa dipahami? Bunga matahari dan kerabatnya merupakan satu contoh dari uniknya dunia tumbuhan. Semoga catatan kecil ini dapat bermanfaat bagi Aleutian. Kalau begitu sampai berjumpa di lain kesempatan!

Penulis: KomunitasAleut!

Komunitas Aleut! terbentuk pada tahun 2006. Komunitas Aleut ! adalah Komunitas apresiasi wisata dan sejarah, khususnya sejarah Kota Bandung. Komunitas ini meminati sejarah melalui kegiatan bersama, yaitu: jalan-jalan menyusuri kota, nonton bareng dan ngobrol santai,,, Saat ini telah memiliki 800'an anggota dari berbagai latar belakang budaya, pendidikan, ataupun status, tidak hanya beranggotakan warga dengan KTP Bandung, tapi juga berasal dari seluruh Indonesia.

One thought on “Bunga Matahari dan Kerabatnya

  1. Bisakah saya ikut membeli tanaman bunga matahari ? hp 0813 2446 7827 di cirebon.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 11.463 pengikut lainnya.